Cara kerja Wireless Charger dan Teknologi NFC

Cara kerja Wireless Charger dan Teknologi NFC - Fakta bahwa lebih dari 200.000 orang telah men-download salah satu dari berbagai aplikasi "getaran untuk mengisi (shake to charge)", yang sekarang telah tersedia di Google Play, menunjukkan kesediaan kita untuk menunda segala bentuk penalaran praktis dalam mengejar mimpi bagi pengisian nirkabel. 

Cara kerja Wireless Charger dan Teknologi NFC

Sebuah penyelidikan yang cepat pada kode sumber akan mengungkapkan aplikasi ini melakukan sedikit lebih banyak pada hubungan interupsi sinyal pada accelerometer untuk sebuah progress bar yang menunjukkan perkiraan muatan baterai.

Sebuah accelerometer piezoelektrik dapat menghasilkan tegangan kecil sekunder untuk deformasi yang disebabkan oleh gerakan cepat yang diterapkan padanya, namun apabila kita mencoba untuk menggunakan sinyal millivolt untuk melakukan pengisian baterai, maka tidak akan praktis. Dengan kata lain, menggoyangkan smartphone Anda tidak akan melakukan apa-apa, kecuali hanya akan membuat lengan Anda lelah.

Selama proses konversi pada setiap energi akan ada kerugian pada saat perubahan energi dari satu bentuk ke bentuk yang lainnya. Besarnya kerugian tersebut adalah hal yang menentukan kepraktisan dari setiap jenis pengisian dengan cara nirkabel. 

Magnetik atau pengisian induktif, khususnya telah digunakan secara efektif selama beberapa waktu untuk menghasilkan daya pada berbagai jenis implan biomedis.

Cara kerja Wireless Charger dan Teknologi NFC
untuk saat ini, itu adalah metode yang paling aman dan paling abadi untuk melakukan tugas mentransfer listrik ke dalam tubuh. Pada sistem ini, osilasi arus dalam kumparan kawat eksternal menghasilkan perubahan medan magnet yang menginduksi tegangan dalam sebuah kumparan implan. Resultan arus dari tegangan ini dapat mengisi baterai atau daya perangkat secara langsung.

Sementara magnet bergerak mungkin saja ia dapat dipergunakan untuk secara eksternal menghasilkan medan magnet, sebuah kumparan eksternal merupakan satu hal yang benar-benar lebih praktis. Apple baru saja mengajukan paten bagi sebuah perangkat keras dengan getaran sebagai konsep pengisian menjadi suatu kenyataan, setidaknya dalam teori.

Mereka mengklaim desain yang unik yang menggabungkan magnet yang dapat dipindahkan dengan flat printed circuit board coil. Efisiensi chip yang bagaimanapun juga akan menghalangi implementasi praktis dari skema ini untuk beberapa waktu.

Banyak pengguna smartphone akan bertanya-tanya dengan pertanyaan, apakah chip near field communication (NFC) dapat digunakan untuk memanen daya dari sumber eksternal khusus, atau kemungkinan dari sumber elektromagnetik ambient seperti WiFi.
Cara kerja Wireless Charger dan Teknologi NFC

Secara teori, hal ini adalah mungkin, dan sistem tersebut telah dipasarkan, namun tidak setiap chip NFC akan mampu melakukan tugas ini. Untuk mencapai efisiensi maksimum, sistem harus dioptimalkan untuk sebuah penggunaan pada jarak pemisahan yang tertentu, sudut, fase, dan frekuensi yang sedemikian rupa sehingga berada dalam kondisi resonansi.

Resonansi dalam sistem elektromagnetik dapat disamakan dengan mendorong anak di ayunan, dan hanya ketika ayunan berada pada titik yang tinggi, di sisi lain, energi yang ditransfer kepada anak akan berkurang. Jika jarak pemisah tidak lebih dari seperempat panjang gelombang, sistem tersebut dapat beroperasi pada efisiensi hingga 35%.

Satu hal yang perlu diingat ketika mempertimbangkan untuk menggunakan pengisian nirkabel
Cara kerja Wireless Charger dan Teknologi NFC
>>  "Jika sistem pengisian anda melepaskan hampir semua dari 10 ampere atau lebih dari daya yang tersedia pada stop kontak untuk mencari jarak yang paling cocok/jarak ideal bagi proses pengisian, hal ini tidak hanya akan membuatnya menjadi boros, tetapi juga akan meperlambat pengisiannya."

Teknologi lainnya pada pengisian nirkabel, adalah mengandalkan USG atau tenaga surya yang sedang dikembangkan, misalnya oleh Ubeam. Untuk sementara waktu, bagaimanapun, teknologi pengisian magnetik induktif - dipelopori oleh konsorsium Qi dan smartphone seperti Nokia Lumia 920 - sepertinya telah memakainya.

Semoga Bermanfaat........>>>By Abdisr Blogger
Source : angkringan.org
Editor By ABDISR BLOGGER
copas sertakan sumber "link"

2 komentar untuk "Cara kerja Wireless Charger dan Teknologi NFC"

pengunjung yang baik selalu berkomentar
link aktif ane hapus